Rabu, 05 September 2012

Ibuk


Judul : Ibuk
Penulis : Iwan Setyawan
Penerbit : Gramedia
Halaman : 293

Seperti sepatumu ini, Nduk. Kadang kita mesti berpijak dengan sesuatu tak sempurna. Tapi kamu mesti kuat. Buatlah pijakanmu kuat.

Ibuk, menceritakan perjalanan seorang perempuan yang sederhana dalam membesarkan putra putrinya. Melalui salah satu anak ibuk, Bayek menceritakan perjuangan panjang ibuk dalam mencukupi kebutuhan anak-anaknya dan bagaimana ibuk dengan usahanya yang tak kenal menyerah berhasil membuat anak-anaknya sukses. Bayek mengajak saya menulusuri setiap tempat persinggahan ibuk dan saya tersenyum simpul ketika Ibuk malu-malu mengiyakan ajakan bapak menikah, menagis terharu dengan usaha ibu mengatur kebutuhan dan pendidikan anak-anaknya dan tanpa sadar novel ini mengingatkan saya akan ibuk saya yang walau perjuangannya berbeda tetapi mempunyai tujuan yang sama untuk anaknya.

Ibuk, melalui hidup sebagai perjuangan. Tidak melihatnya sebagai penderitaan

Di novel ini juga Iwan Setyawan kembali mengangkat kisah kehidupannya dan novel ini tidak terlalu berbeda dengan novel sebelumnya, 9 Summers 10 Autumns, hal-hal yang pernah diceritakan dalam 9S10A kembali diangkat dalam Ibuk dengan ditambahi nasehat dan petuah ibuk yang sangat berperan ketika Bayek mengambil keputusan. Ah, membaca novel ini seperti membuka kembali memory dan kenangan saya tentang ibuk. Dan karena saya juga anak rantau, saya juga mengalami kegalauan seperti bayek dalam mengambil keputusan dan sama juga seperti bayek (lagi) walau jarak yang jauh, tapi ibuk terasa dekat melalui berbagai petuah dan nasehat yang disampaikannya *curhat. Iwan Setyawan berhasil membuat saya mewek dan kepengen pulkam.

A mother knows what her child's gone trough, even if she didn't see it her self

...karena cinta tak bisa menunggu



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Review Buku di purplebookish.com merupakan pendapat pribadi yang berdasarkan penilaian subjektif terhadap buku yang saya baca. Begitu pula dengan postingan non review yang juga bersifat opini pribadi.

Purplebookish.com tidak memaksakan pembaca untuk setuju dengan semua tulisan yang dipublish. Jika ada yang ingin disampaikan atau berpendapat lain sila menulis di kolom komentar dengan bahasa yang sopan :)

P.s Saya akan menghapus komentar yang tidak berkaitan dengan postingan blog dan spam.

Mohon untuk tidak menyadur/mengcopy sebagian atau seluruh isi blog tanpa ijin :)

Terima Kasih :)


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...