Rabu, 28 Agustus 2013

Membaca, tak kenal maka tak sayang..



Wah, ternyata saya sudah lama hiatus dari blog ini, mungkin karena kerjaan yang numpuk dikantor membuat saya jadi malas untuk membaca dan berakibat tidak adanya postingan di blog, hm.. kalau malas sudah melanda semuanya jadi terhambat, belum lagi saya sedang dilanda perasaan bosan untuk membaca, iseng-iseng saya browsing dan menemukan beberapa artikel yang lumayan membantu saya dalam dunia per-baca-an.

[1] TIPS UNTUK MEMBACA LEBIH BANYAK BUKU

1. Memulai membaca
Tentu saja hal yang pertama dilakukan adalah mulai membaca (jika perlu memaksakan diri untuk membaca). Awalnya dapat dengan menyisihkan hari khusus membaca dan diharapkan lama kelamaan akan terjadi setiap hari, pilih buku yang menarik baik dari segi cover atau lainnya, jika tidak suka buku yang tebal pilih buku yang tipis dan lama kelamaan kita akan terbiasa membaca.


2. Pilih topik yang luas
Hm.. jangan terfokus pada satu permasalahan yang akan membuat kita bosan, pilih topik yang baru yang akan merangsang keingin tahuan kita, semakin penasaran akan semakin betah untuk membaca *based on true story :D

3. Pilih buku dengan hati-hati
Sebaiknya jika ingin membaca lebih banyak buku, pilihlah buku berdasarkan kategori agar bisa merencanakan buku apa yang akan dibaca selanjutnya sehingga perasaan bosan tidak melanda, tapi kalau saya pribadi saya membaca buku berdasarkan mood, kalau begitu ikuti saja moodnya hehehehe (misalnya saya sedang mood baca yang bergenre fantasi, maka saya akan melulu baca yg fantasi, yah intinya disesuaikan saja agar "tidak bosan membaca")

4. Berinteraksi dengan buku
Maksudnya sih, biar nggak jadi pembaca pasif, jadi boleh-boleh ajakan kita nggak nurut sama apa yang ditulis dibuku,  sah-sah aja kita menyanggah, meragukan tulisan dan menuangkannya di blog *eh (disertai dari sumber-sumber lain yang dapat menunjang pendapat kita atau isi buku) jadinya lebih bersemangat lagi deh bacanya.

5. Baca buku berbobot
berapa bobotnya? 60 kg *curhat berat badan kah ini? #abaikan.
Terkadang buku berbobot itu (bahasanya ini) mengerikan, halamannya yang na'udzubillah membuat hati ketar ketir, beratus ratus halaman yang belum apa-apa sudah membuat malas membacanya, hal ini bisa disiasati degan membacanya pelan-pelan (tapi pasti) setidaknya dengan memasukkan buku berbobot ke daftar bacaan akan mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru. Bisa dijadikan modal buat ngecengin cowok jenius kutu buku yang cakep itu *salah fokus*

6. Baca buku ringan
Jika bosan dengan buku yang sedang dibaca, boleh-boleh aja kita break sebentar dan mencari alternatif lain untuk penyegaran, misalnya dengan membaca buku ringan, cerpen, novellet, resep masakan (yang akhirnya bikin ileran dan lapar) asal nggak lupa balikan lagi dengan buku utama, hihihi

7. Baca buku baru
Coba update stock buku dengan buku yang baru terbit, best seller dan populer. Dengan mengupdate kita akan penasaran dan tertarik membacanya. Kita bisa ngecek goodreads, BBI, dsbnya

8. Baca buku lama
Kalau kita udah mengupdate stock bacaan, nggak salah juga sih membaca buku-buku lama karena disana juga banyak manfaatnya, kata artikelnya sih biar nggak bosan cobalah untuk membaca satu buku lama setiap dua buku baru terbit (tergantung kita juga sih, mana yang lebih senang dan nyaman)

Happy reading ^^ (Artikel asli ada disini)

Kita sudah membaca banyak buku, tapi kok rasanya membacanya nggak efektif ya? sepertinya yang dibaca menguap begitu saja, oho don't worry berikut tips untuk membaca efektif yang lagi-lagi saya ambil dari artikel *nyengir lebar

[2] 5 PANDUAN MEMBACA EFEKTIF

1. Scanning atau membaca sepintas lalu, bertujuan agar dapat menjawab pertanyaan yang lebih spesifik, dengan cara ini memungkinkan kita mendapatkan apa yang kita cari secara relevan dan sesuai kebutuhan

2. Skimming adalah membaca bagian awal sebuah bacaan secara cepat untuk memperoleh gambaran umum atau inti dari buku tersebut.

3. Bacalah kalimat topik atau kalimat inti dari setiap paragrafnya. Dengan ini, kita akan mendapatkan overview atau gambaran dari bab tersebut. Lakukan ini sebelum membaca lebih dalam.

4. Setelah melakukan  3 hal diatas, baca secara detil buku tersebut agar mendapatkan isi dari apa yang dicari, bacalah perlahan, berikan perhatian pada hal-hal yang detil. Analisalah isi bacaan, mempertimbangkan berbagai sudut pandang, mengidentifikasi prinsip-prinsip kunci dari bacaan tersebut, menerapkan ide atau mentransfer pengetahuan dari bacaan tersebut, serta mengevaluasi argumen sang penulis terhadap bukti-bukti yang dipaparkan. 

5. Bacalah untuk meningkatkan kemampuan menulis dengan memperhatikan struktur dan teknik yang digunakan dalam bacaan (struktur dan panjang paragraf, konstruksi argumen penulis, penggunaan bukti-bukti untuk penulisan, analisis literaturnya, transisi serta diskursus penulisan (hubungan antara tulisan satu dengan lainnya, serta alur (flow) tulisan tersebut, penggunaan bahasa dan gaya tulisan buku tersebut).

Selamat Mencoba... *dengan gaya mbak-mbak SPG (Artikel asli ada disini)

Terakhir, melengkapi postingan saya yang agak panjang ini, jika bosan melanda (membaca dan menulis) tidak salahnya kita mencoba sedikit tips untuk mengatasi rasa bosan membaca dan menulis dari rumah edukasi(click here) tapi menurut saya, artikel tersebut terkesan berat, dan saya punya metode sendiri (yang agak jadul) untuk mengatasi bosan membaca yaitu dengan menonton drakor (terkadang nonton sambil membaca) atau membaca sambil mendengarkan musik, yah hanya berusaha menciptakan suasana nyaman bagi saya sendiri untuk membaca, jika sudah selesai membaca segerakan untuk membuat review (draft, corat-coret atau apa saja yang nanti akan dipublish di BBI dan ini yang masi agak susah). Dengan membaca banyak buku, kita banyak tau dan ilmu, syukur-syukur bisa ketemu kamu ^^ (usaha nyari jodohnya tetep, hehehe)

See you ^^
P.s Saya merasa judul postingannya agak aneh, #abaikan.


Image from google

5 komentar:

  1. Wah.. mantap sekali tips - tipsnya Kak Liliz :D

    BTW, kalau boleh menambahkan, agar bisa baca buku lebih banyak, hindari social media. Dalam bentuk apapun. Karena itu lumayan menggoda kita buat g baca, hahaha XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini... socmed nya blm bisa dihindari, sekarang tingkat membacaku menurun drastis ;(

      Hapus
  2. terimakasih bos tentang infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  3. mantap gan artikelnya dan sangat menarik

    BalasHapus
  4. makasih mas buat infonya dan salam sukses

    BalasHapus

Review Buku di purplebookish.com merupakan pendapat pribadi yang berdasarkan penilaian subjektif terhadap buku yang saya baca. Begitu pula dengan postingan non review yang juga bersifat opini pribadi.

Purplebookish.com tidak memaksakan pembaca untuk setuju dengan semua tulisan yang dipublish. Jika ada yang ingin disampaikan atau berpendapat lain sila menulis di kolom komentar dengan bahasa yang sopan :)

P.s Saya akan menghapus komentar yang tidak berkaitan dengan postingan blog dan spam.

Mohon untuk tidak menyadur/mengcopy sebagian atau seluruh isi blog tanpa ijin :)

Terima Kasih :)


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...