Minggu, 29 September 2013

Runaway Ran


Judul : Runaway Ran
Penulis : Mia Arsjad
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978-979-22-6000-7
368 Halaman

Sinopsis :
Katrina si anak manja yang hobi belanja online itu, sekarang harus belajar hidup irit dan mencari uang sendiri. Kebetulan, ada iklan lowongan yang di-broadcast di Blackberry. Katanya sih untuk jadi asistennya J.F. Ran, komikus pengarang 4 Hero No Zero. Tawarannya menggiurkan sih, dan berhubung kebutuhan belanja online-nya sangat mendesak, Katrina pun mengirimkan CV-nya.

Komik berjudul 4 Hero No Zero sudah tiga tahun ini booming di Indonesia. Komik nyeleneh dan kocak itu ditulis oleh J.F. Ran yang ternyata aslinya ganteng, tapi galak. Apalagi pacarnya, Viana, yang judes dan cemburuan setengah mati. Nggak heran kalau orang yang kerja jadi asisten Ran, nggak pernah bertahan lama.

Kali ini giliran Katrina yang jadi asistennya. Bakalan awet nggak ya? Kira-kira siapa yang bakalan takluk? Ran atau Katrina?

Pemikiran saya tentang buku ini :

Runaway Ran menceritakan tentang Katrin yang berusaha survive dengan pekerjaannya sebagai asisten komik. Sebenarnya tujuan Katrin bekerja part time sebagai asisten komik untuk nambah uang jajannya yang ngga mungkin lagi diminta kepada papanya yang sudah pensiun. Katrin perlu uang untuk mensupport hobinya yang gila online shopping.

"Ng... aku jujur aja ya, Mas. I really need this job because I need the money, Mas. Kuliah S2-ku masih sisa sekitar setahun lagi. I just want to help my parents. Ngurangi beban deh istilahnya. Aku butuh kerja, murni karena uang."
Ran yang seorang komikus komedi berbanding terbalik dengan sifatnya. Ran yang asli jauh banget dengan Ran yang pertama kali ditemui Katrin waktu interview. Ran yang waktu itu bersikap manis malah sekarang bersikap jutek, galak dan kaku belum lagi hari pertama kerja Katrin terbengong-bengong dengan sikap Ran. Katrin sering bercerita tentang sifat unik bin ajaib Ran kepada sahabatnya Alya dan Ina. Tapi semuanya belum selesai, selama bekerja dengan Ran dan disaat Katrin harus tahan dengan semua sifat Ran, gangguan lainnyapun muncul. Viana yang merupakan pacarnya Ran juga ikut mempersulit Katrin dengan terus menerus menghina Katrin. (oke, disini saya mau mem-benye-ki-sa-si-kan Viana,abaikan!)

"Nggak usah berbeli-belit deh. Siapa nama lo?Katrina? lo ngelamar jadi asistennya pasti karena lo nge-fans sama dia, kan? lo berharap dengan jadi asistennya, lo bisa dapat lebih, kan?"

Tapi nggak selamanya sikap Ran kaku dan galak, disaat tau Alya, sahabat Katrin mendapatkan masalah dengan pacarnya, Ran membantu Katrin menyelesaikan konflik mereka. Menolong Katrin yang hampir saja ditipu (yang mungkin saja berakibat fatal, lagi-lagi karena online shopping) dan akhirnya Katrin tau kenapa Ran selama ini bersikap seperti menutup diri. 

Tentang Tokohnya:

Katrin yang karakternya soooooo drama. Tipikal gadis manja cantik yang hobinya online shopping dan syukurlah Katrin masih punya akal sehat disaat papanya pensiun, Katrin tidak mau merepotkan orangtuanya walaupun masih saja hobi online shopping dan tidak bisa menolak produk yang ditawarkan di olshop. Katrin juga punya reflek bersih-bersih yang kuat dan komentar yang keluar dari mulutnya selalu ajaib dan diluar dugaan.

Source
Dan Ran karakter favoritku yah tipikal cowok yang kaku, jutek dan galak pada awalnya berubah menjadi charming dan menggemaskan #eh jika bersama dengan orang yang dicintainya. (dan itu yang membuatnya sangat adorable, hihihi)

Source

Quote :
Ada beberapa kalimat yang sangat saya sukai di novel ini, diantaranya :

Anywayyy... semua itu mending nggak dilakukan. Karena berdebat soal kayk begitu sama cewek yang pengetahuannnya cuma sebatas baju ketat dan bulu mata palsu, sama aja berdebat sama pantat metromini. Alias nggak nyambuuuung.


"Sekarang mendingan kalian urus urusan masing-masing. Hari ini mungkin dia yang ngalamin kejadian buruk kayak gini, tapi besok siapa tau aja kamu, kamu, atau kamu...!"


"Udah cukup kamu menjadi runaway Ran selama ini. Jadi Ran yang kabur dari dirinya sendiri dan kenyataan. Ini saatnya kamu jadi diri kamu yang sebenarnya Ran, melangkah maju tanpa dendan masa lalu yang bikin kamu menjadi orang lain..."

Dan satu lagi secinta apapun kita terhadap pasangan, jika kita belum disatukan dalam ikatan pernikahan jangan coba-coba untuk having sex, jika tidak ingin menyesal diakhir.

Jujur saya sangat menyukai Runaway Ran ini, penulisannya yang easy going walau ada beberapa typo disana sini tapi tidak membuat kenikmatan saya membaca berkurang, Runway Ran sukses membuat saya ngakak tengah malam *horor. 








1 komentar:

  1. Mantap Sipnosis nya nih ... bisa di contoh wkzzz buat tugas bikin sipnosis..siaul tuh emang guru

    BalasHapus

Review Buku di purplebookish.com merupakan pendapat pribadi yang berdasarkan penilaian subjektif terhadap buku yang saya baca. Begitu pula dengan postingan non review yang juga bersifat opini pribadi.

Purplebookish.com tidak memaksakan pembaca untuk setuju dengan semua tulisan yang dipublish. Jika ada yang ingin disampaikan atau berpendapat lain sila menulis di kolom komentar dengan bahasa yang sopan :)

P.s Saya akan menghapus komentar yang tidak berkaitan dengan postingan blog dan spam.

Mohon untuk tidak menyadur/mengcopy sebagian atau seluruh isi blog tanpa ijin :)

Terima Kasih :)


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...