Jumat, 13 November 2015

Guest Post : Meet Haya Nufus


source
Holaa..

Gam Inong Blogger atau biasa di sapa GIB adalah salah satu komunitas blog yang ada di Aceh, tanah kelahiran saya. Anggota GIB yang lumayan banyak membuat sebagian member tidak terlalu mengenal satu sama lain. Termasuk saya yang masih member baru. Saya pun hanya mengenal member-member yang lebih dahulu bergabung dan blogger yang aktif, entah mereka mengenal saya atau tidak #nyengir #nasibanakpemalu #kemudian ditabok.


Di GIB saya baru mengetahui ternyata blogger-blogger Aceh itu keren, kreatif dan semangat. Konten blog merekapun asik-asik #sungkem dan saya akan melipir malu jika melihat postingan yang mereka tulis #sambilmenatappilublogdirisendiri. Mereka juga tidak pelit berbagi ilmu dan saya banyak belajar dari mereka.

Untuk lebih saling mengenal sesama member, maka dibuatlah event guest post yang pasangannya di undi oleh admin GIB. Dan saya berkesempatan untuk mengenal lebih jauh (dan beneran tinggalnya sangat jauh dari saya) kak Haya Nufus dari http://blog.hayanufus.com/. Dan inilah hasil kepo-kepo saya #senyumcantik


Q : Halo kak Haya, salam kenal :) Boleh cerita nggak awal mula kakak bergabung di GIB? Trus kakak mulai ngeblog sejak kapan?

A : Halo Cut, salam kenal juga. Kakak mulai ngeblog itu sejak 2011 dan memutuskan bergabung di GIB karena cari teman sesama blogger aceh.

Q : Wah, udah lama juga ya kak. Trus ada waktu khusus nggak kak buat ngeblog?

A : Kakak sih ngeblognya santai dan nggak punya target khusus. jadi postingannya acak dan kapan kepingin saja. Ketika ada sesuatu yang ingin kakak bagi, kakak akan menulis di blog.

Q : Wah life style blog dong kak. Aku salut lo dengan life style blogger. Karena ada aja yang dibahas. Rasanya idenya gak habis-habis. Btw, sekarang kakak kan tinggal di Madagascar (hasil kepo Facebooknya kak Haya) ceritain dong kak kenapa kakak bisa disana, jujur aja kak, aku baru tau Madagascar itu sebuah negara. Taunya Madagascar itu dari film animasi yang suka aku tonton (ketauan pas pelajaran gegografi sering tidur).

A : Awalnya kakak juga ngak tau dengan negara ini, kalau bukan karena suami kakak yang tugas disini. Madagascar itu bekas koloni Prancis. Walau sudah merdeka, pengaruh Prancis masih besar. bahasa Prancis menjadi second language disini. Sekolah-sekolah yang berkurikulum prancis juga banyak. Yah, bisa dikatakan Prancis sebagai kiblatnya masayarakat Madagascar.

Q : Oh gitu, Aku sebenarnya suka loh kak dengerin orang-orang yang berbicara Bahasa Prancis. Aksen mereka itu loohh (siapa yang nanya?). Dulu sempat belajar tapi yang keingat sekarang cuma je mapelle dan Je Suis Amoureux de Toi #nyengir.

A : Sepertinya bahasa apa aja wajib tau istilah itu ya, hehehe. Susah belajar bahasa Prancis. Kata benda atau sifat punya gender, laki-laki atau perempuan. Kakak udah nyerah, ngomongpun  belepotan dan sekedar survive aja.

Q : Bener banget kak, mejapun punya gender. Btw aku baru tau kakak sudah menerbitkan buku. Keren ih, bukunya udah beredar belum kak? (jiwa kepo mulai kumat).

A : Masih proses percetakan Cut, nunggunya luamaaaa... hehehe.

Q : Nanti kabarin ya kak kalau sudah beredar. Bisa nerbitin buku itu gimana awal mulanya kak?

A : Nulis bukunya itu sejak januari 2014. Awalnya karena ikut lomba 'Menulis Novel Inspirasi Indiva 2014'. Pengumuman menang dan diterbitkan awal Januari 2015 kemarin. Alhamdulillah kakak mendapatkan juara tiga. Ini adalah buku solo pertama yang terbit. Sebelumnya kakak sudah coba-coba mengirimkan beberapa naskah ke berbagai penerbit.

Q : Wah, selamat ya kak. Boleh tau nggak kak, buku ini bercerita tentang apa dan gimana proses kreatifnya?

A : Buku ini bercerita tentang Mirindra, gadis Malagasy dari kalangan miskin yang ingin meraih cita-citanya. Untuk lebih jelasnya dapat membaca disini Cut. Menulis buku ini karena kakak pernah beberapa kali berkunjung ke sekolah sosial teman kakak di Malagasy. Di sini banyak anak yang kehidupannya memprihatinkan. Rumah kakak juga berdekatan dengan kawasan anak-anak tersebut. kadang di hari Sabtu atau Minggu, anak-anak Malagasy main ke rumah. Jadi karakternya kakak ambil dari keseharian mereka. Madagascar masih termasuk negara miskin. Perekonomiannya belum mandiri dan Pendidikannya juga belum bagus. Tapi mereka ramah-ramah kok.


Q : Kayaknya berat ya kak temanya (yaiyalah, namanya novel motivasi #self toyor). Ini ada romancenya nggak kak? #pembaca romance garis keras. 

A : Nggak ada romancenya Cut, hihihi. Tapi ceritanya nggak seberat itu kok. Masih enak buat dibaca dan bisa dibaca oleh semua usia :p

Q : Nanti jika sudah terbit aku akan membacanya kak, hehehe. Btw penulis favorit kakak siapa? adakah yang menjadi inspirasi kakak?

A : Pramoedya Ananta Toer dan Khaled Hosseini. Pernah juga kakak ngereview buku mereka di blog. Kakak juga suka dengan karya-karyanya Andrea Hirata. Kalau penulis Metropop dan sejenisnya kakak belum sempat baca. Di sini kakak agak jarang baca buku, kakak juga nggak terlalu suka baca ebook. Jadi bacaannya sebatas ada teman yang mau dititipin. Tiga tahun di sini cuma pernah nitip tiga kali. Total cuma sembilan buku yang dibeli. Di sini novel bahasa inggris ada tapi terkadang bacanya repot buka kamus. Novel prancis apalagi... Untungnya di sini ada pustaka KBRI. Koleksi bukunya lumayan beragam, ada sastra lama, cerita rakyat, tapi kebanyakan buku politik dan pariwisata.

Q : Alhamdulillah lega dengarnya kak. Aku sendiri stres kalau nggak ada buku, hehehe tapi stres juga sih kalau sering-sering baca buku politik #lah. Wah ternyata suka Pramoedya, aku cuma pernah baca Bumi Manusia kak #malu. Nah, ngomong-ngomong tentang buku, sebutin dong buku favoritnya kakak.

A : Yang paling suka diantara sekian banyak buku adalah The Kite Runner. Kakak baca yang versi Inggrisnya, nggak tau apakah yang terjemahan juga bagus.  Adakan buku terjemahan tapi hasilnya kacau dan nggak terlalu enak buat dibaca.

Q : Ada kak yang kayak gitu, tapi The Kite Runner terjemahannya bagus sih, udah baca soalnya #sombong. Aku mau nanya nih seandainya kakak hanya boleh membawa tiga buku. Buku apa yang akan kakak bawa? Ecek-eceknya terdampar dimana gitu #dikeplak.

A : Wah kalau bagus nanti kapan-kapan kakak akan baca deh. Hm, buku yang harus dibawa apa ya.. karena kakak jarang baca buku romance, tapi perahu kertasnya Dee suka. Sepertinya kakak akan membawa Laskar pelangi, The Kite Runner dan A Thousand Splendid Sun deh.

Q : Aaaakkk... buku bantal semua, hehehe btw Perahu kertas udah jadi buku seribu umat ya kak. Maksih ya kak sudah mau dikepoin, hihihi. Semoga kita tetap keep in touch ya. Senang deh berkenalan dengan kakak.

A : Sama-sama Cut :)

Selain chit chat dengan Kak Haya, saya juga memiliki question of book (nyontek dari question of Lifenya Deddy Corbuzier, hehehe *betapa tak kreatifnya saya) mirip-mirip dengan Rapid Fire Question lah *nyengir.

  • Film adaptasi atau bukunya? Buku, soalnya film banyak adegan yang di cut.
  • Posisi baca favorit? sambil tiduran :D
  • Tokoh yang paling memorable dibuku? Nyai Ontosoroh (Bumi Manusia – Pramoedya Ananta Toer)
  • Perpustakaan atau rental buku? Rental buku
  • Quote favorit? Sad stories make good books - Khaled Hosseini. Makanya kakak suka baca buku tragis
  • Tempat yang ingin dikunjungi? Finlandia atau tempat mana aja yang bisa lihat Aurora Borealis
  • Deskripsikan Kak Haya dalam 5 kata. Tekun, pemimpi, tidak egois, tertutup dan kikuk. Hahaha..

Ngepoin kak Haya Nufus itu seru banget ternyata. Ada aja hal yang dibahas, hehehe. Semoga kakak dan keluarga disana selalu sehat. Sukses terus kak. Ciawww

9 komentar:

  1. gimana caranya gabung di GIB?
    pke syarat khusus gak?
    klo tulisannya nyampah bsa gabung gak?
    hehehe

    BalasHapus
  2. Makasih banyak Cut tulisan dan wawancaranya Cut.. berasa 'orang penting' hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih juga kakak udah mau kami 'rempongin', hihihihi...

      Hapus

Review Buku di purplebookish.com merupakan pendapat pribadi yang berdasarkan penilaian subjektif terhadap buku yang saya baca. Begitu pula dengan postingan non review yang juga bersifat opini pribadi.

Purplebookish.com tidak memaksakan pembaca untuk setuju dengan semua tulisan yang dipublish. Jika ada yang ingin disampaikan atau berpendapat lain sila menulis di kolom komentar dengan bahasa yang sopan :)

P.s Saya akan menghapus komentar yang tidak berkaitan dengan postingan blog dan spam.

Mohon untuk tidak menyadur/mengcopy sebagian atau seluruh isi blog tanpa ijin :)

Terima Kasih :)


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...