Sabtu, 31 Oktober 2015

[Movie Talk] Air Mata Surga

Judul : AIR MATA SURGA
Sutradara : Hestu Saputra
Penulis : Rahabi Mandra, Titien Wattimena, Lintang Pramudya
Pemain : Dewi Sandra, Richard Kevin, Morgan Oey
Tanggal rilis : 22 Oktober 2015
Durasi : 119 Menit
Genre : Drama | Romance
Diadaptasi dari Novel Air Mata Tuhan


Jika Air Mata adalah kunciku untuk membuka pintu surga. maka izinkanlah aku untuk menangis...

Film ini bercerita tentang perjuangan seorang perempuan dalam mempertahankan cintanya sampai akhir hayat. Fikri, Dokter Ahli Desain sekaligus lulusan Maha Santri di Jakarta, menikahi Fisha, mahasiswi S-2 dari Yogyakarta yang belum lama dikenalnya. Bagi Fikri, Fisha adalah “ranting terindah” yang pernah dia temui dalam belantara kehidupan ini, sehingga dia tidak perlu menunggu lama-lama. Padahal Hamzah, teman Fisha sejak kecil, sudah lama menaruh hati pada Fisha. Bahkan Bunda (ibu Fisha) dan Weni (sahabat Fisha) juga mendukung kedekatan mereka. Tapi Fisha menganggap Hamzah seperti kakaknya sendiri. Mustahil baginya untuk bisa memiliki perasaan lebih dari itu.

Kamis, 29 Oktober 2015

Berlabuh di Lindoeya

Judul : BERLABUH DI LINDOEYA
Penulis : K. Fischer
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978-602-03-1866-0
280 halaman, cetakan ke I, 2015
My Rating : 3/5

Blurb



Tidak ada yang tahu luka batin yang disimpan Sam rapat-rapat. Hingga gadis itu memutuskan melarikan diri dari Indonesia dan memulai hidup baru dengan bekerja di perusahaan pengeboran minyak di ujung dunia, di Norwegia. Ketika harus pindah ke kantor pusat di Oslo, Sam menolak tinggal di apartemen dan menyewa rumah tua di Pulau Lindoeya.

Di Lindoeya, Sam bertemu dengan Rasmus Knudsvigsson, tetangga barunya. Meskipun diawali rasa takut dan curiga, perlahan ketulusan pria tampan bermata biru itu dapat mencairkan kebekuan hati Sam.

Namun, ketika Sam merasa sudah siap membuka hati sepenuhnya untuk Rasmus, salah satu anggota dewan yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Oslo menarik Sam kembali ke pusaran intrik masa lalu....
Bukannya kamu di sini untuk mengganti masa lalu? Kamu justru berulah persis seperti ketika kamu baru datang di Harstad. Serbacuriga. Ketakutan yang tidak jelas. Hanya karena belum kenal benar. (P. 87)

P. Samahita atau Sam dipindahtugaskan ke Kantor Pusat Oslo. Sam nyaris menolak tawaran perusahaannya untuk bergabung dalam proyek di kantor pusat. Sam membenci sosialisasi, karena itulah kepindahannya agak terasa berat dan untunglah apartemen yang biasa ditempati pegawai kantor mengalami kerusakan, sehingga ia harus mencari tempat tinggal lain. Sam akhirnya menyewa rumah Inga, sekretaris senior di kantor cabang Harstad yang sudah seperti ibunya sendiri. Rumah yang akan ditempati Sam berada di pulau sepi bernama Lindoeya dan hanya ada dua rumah yang berdiri berdampingan. Sam lega setidaknya tak ada yang menggangu kehidupannya dan tidak ada orang yang akan repot bertanya tentang masa lalunya.

Senin, 26 Oktober 2015

People Like Us

Judul : PEOPLE LIKE US
Penulis : Yosephine Monica
Penerbit : Haru Publisher
ISBN : 978-602-7742-35-2
330 halaman, cetakan ke I, 2014
My Rating : 3.5/5

Blurb



Akan kuceritakan sebuah kisah untukmu.
Tentang Amy, gadis yang tak punya banyak pilihan dalam hidupnya.
Serta Ben, pemuda yang selalu dihantui masa lalu.

Sepanjang cerita ini, kau akan dibawa mengunjungi potongan-potongan kehidupan mereka.
Tentang impian mereka,
tentang cinta pertama,
tentang persahabatan,
tentang keluarga, juga tentang... kehilangan.

Mereka akan melalui petualangan-petualangan kecil, sebelum salah satu dari mereka harus mengucapkan selamat tinggal.

Mungkin, kau sudah tahu bagaimana cerita ini akan tamat.

Aku tidak peduli.
Aku hanya berharap kau membacanya sampai halaman terakhir.

Kalau begitu, kita mulai dari mana?
Amelia Collins menyukai Benjamin Miller. Amy menyukai Ben sejak middle school tapi tidak pernah benar-benar berbicara dengan Ben. Satu-satunya pembicaraan yang pernah mereka lakukan adalah saat perayaan natal di kursus musik mereka, setelah itu Ben pindah dan mereka tak pernah bertemu lagi.

Lebih dari setengah tahun setelah Amy kehilangan Jejak Ben, secara tak sengaja anak lelaki itu mendaftar di high school yang sama dengan Amy. Amy bertemu Ben namun tak sekalipun Amy menghampiri Ben untuk sekedar menyapa atau berbasa basi tentang kursus musik mereka dahulu. Amy tak bisa melakukan apa-apa untuk memperjuangkan perasaannya. Amy hanya mampu berada disekitar Ben hingga seantero sekolah mengetahui bahwa Amy menyukai Ben dan Amy tak mampu berbuat banyak untuk meredam berita tentang perasaannya yag terlanjur beredar.

Kamis, 22 Oktober 2015

Cerita Cinta Indonesia: 45 Cerpen Terpilih

Judul : CERITA CINTA INDONESIA
Penulis : 45 Penulis GPU
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978-602-03-0517-2
400 halaman, cetakan ke I, 2014
My Rating : 3/5

Blurb :


Beragam tema, beragam kisah terangkum di kumpulan cerita pendek Cerita Cinta Indonesia ini. Mulai dari jejak sastra hingga cerita pendek TeenLit tergores dalam 45 cerpen buah karya 45 penulis yang pasti sudah Anda kenal. Kumpulan cerita pendek ini adalah semacam bentuk syukur dan terima kasih bahwa kami masih bisa meneruskan semangat dalam berkarya.

Membaca kumpulan cerita pendek ini seakan memilih beraneka rasa dan rupa dalam sajian paket lengkap. Sebab, ada begitu terlalu banyak kisah kehidupan yang menunggu untuk diceritakan, dan yang terdapat dalam buku ini hanya sebagian kecilnya. Tak pernah cukup kisah cinta, misteri, persahabatan, dan beragam tema lainnya di dunia ini untuk ditampilkan dalam bentuk karya sastra atau cerita populer.

Apa pun rasa dan rupa yang Anda dapatkan saat membacanya, kami berharap Anda menikmati sajian Cerita Cinta dengan rasa Indonesia ini.

***

Kumpulan Cerpen ini ditulis oleh 45 Penulis GPU:
Ahmad Tohari, aliaZalea, Andina Dwifatma, Anjar Anastasia, Arswendo Atmowiloto, Ayu Gendis, Boim Lebon, Budi Maryono, Clara Ng, Debbie Widjaja, Dewi Kharisma Michellia, Dewi Ria Utari, Dewie Sekar, Dyan Nuranindya, Eka Kurniawan, Erlin Cahyadi, Esti Kinasih
Ini adalah kali kedua saya membaca kumpulan cerpen. Kumcer pertama yang saya baca adalah Madrenya Dewi Lestari. Saya bukan penikmat kumcer, tapi saya membeli buku ini (dan menimbunnya terlalu lama) dengan ekspektasi tinggi. Saya juga tergiur dengan nama-nama penulis yang ikut menuliskan cerpen terpilih ini walau ada beberapa penulis yang bukunya belum pernah saya baca.

Judul setiap cerpen diurut berdasarkan abjad nama penulisnya. Cerpen milik Ahmad Tohari, SK Pensiun berada diurutan pertama dan The Pink Lotusnya Wiwien Wintarto menjadi cerpen penutup. Buku ini memiliki berbagai tema dengan beragam kisah. Perasaan saya saat menyelesaikan kumpulan cerpen ini juga beragam. Ada beberapa cerpen yang saya sukai, ada yang terkesan biasa saja, ada yang membuat saya bingung dan ada juga yang berakhir dengan pertanyaan karena saya kurang mengerti dengan cerpen tersebut #self toyor.

Senin, 19 Oktober 2015

Somewhere only we know - sebuah curhat

Judul : SOMEWHERE ONLY WE KNOW
Penulis : Alexander Thian
Penerbit : Gagasmedia
ISBN : 979-780-830-0
338 halaman, cetakan ke I, 2015
My Rating : 2/5

Blurb :


Kenzo
Menyusuri jalanan Hanoi yang basah, menerobos hujan yang masih turun dengan deras. Gue melangkah tanpa peduli ke mana kaki membawa gue pergi. Lampu kuning jalanan membuat jejak-jejak rintik hujan tampak jelas. Entah karena gue yang delusional atau terlalu romantis menjijikkan, gue setengah berharap dia akan muncul di ujung jalan, bersandar pada tiang lampu, membawa payung, lalu tersenyum melihat gue.

Ririn
Kenangan itu masih sejelas dan sebening film yang berformat blu-ray. Gue tertawa kecil ketika membuka pintu taksi, membayangkan wajah aneh Arik sore itu. Dalam perjalanan pulang, gue bermimpi tentang berdansa di awan, sementara kembang api meledak- ledak di sekitar gue dan Arik.

Arik, can we be infinite?
Most of all, is this the love we think we deserve?

Bagi Kenzo, cinta ibarat secangkir kopi.
Terkadang terasa pahit, tetapi tetap memiliki banyak lapis rasa.
Bagi Ririn, kakak Kenzo, cinta hanya memiliki dua rasa: pahit dan manis.
Meski Kenzo meyakinkan selalu ada ruang untuk dongeng cinta, Ririn berusaha melupakan cinta karena pahitlah yang mendominasi kisahnya.
Ketika cinta benar- benar ada di hadapan keduanya,
mampukah mereka menerima dan memperjuangkannya?
Ini kisah tentang dua hati yang sama-sama merindukan kehangatan cinta. Tentang dua orang yang selalu berusaha mengartikan cinta, tetapi akhirnya mereka sadar bahwa cinta tak perlu diartikan.

Ririn dan Kenzo belajar dari rasa sakit, meskipun telah banyak kehilangan, mereka tetap memiliki harapan tentang cinta. Bahwa kita hanya perlu jatuh cinta untuk merasakan maknanya. Somewhere Only We Know juga mengisahkan tentang memaafkan masa lalu yang akan membawa kebahagiaan baru. Cinta itu selalu ada.

P.S ini adalah curhat colongan saya setelah membaca buku ini. Postingan ini mungkin saja akan terasa sangat panjang dan agak spoiler.

Kamis, 15 Oktober 2015

[Movie Talk] If I Stay

Judul : IF I STAY
Sutradara : R.J Cutler
Penulis : Shauna Cross (screenplay). Gayle Forman (novel)
Pemain : Chloƫ Grace Moretz, Mireille Enos, Jamie Blackley
Tanggal rilis : 22 Desember 2014
Durasi : 1 jam 46 Menit
Genre : Drama | Romance


Gayle Forman’s best-selling novel comes to the screen in New Line Cinema’s and Metro-Goldwyn-Mayer Pictures’ drama “If I Stay,” starring ChloĆ« Grace Moretz (“Carrie,” the “Kick-Ass” films), Mireille Enos (TV’s “The Killing,” “World War Z”), Joshua Leonard (“Higher Ground”), Jamie Blackley (“Snow White and the Huntsmen”) and Stacy Keach (“Nebraska”).

Mia Hall (Moretz) thought the hardest decision she would ever face would be whether to pursue her musical dreams at Juilliard or follow a different path to be with the love of her life, Adam (Blackley). But what should have been a carefree family drive changes everything in an instant, and now her own life hangs in the balance. Caught between life and death for one revealing day, Mia has only one decision left, which will not only decide her future but her ultimate fate.

Rounding out the main cast are Liana Liberato , Aisha Hinds, Jakob Davies and Gabrielle Rose. R.J. Cutler directed the film from a screenplay by Shauna Cross based on Forman’s novel. “If I Stay” is produced by Alison Greenspan, with Denise DiNovi, Forman and Brad Van Arragon serving as executive producers.

Cutler’s behind-the-scenes team included cinematographer John de Borman, production designer Brent Thomas, editor Keith Henderson, costume designer Monique Prudhomme and composer Heitor Pereira.

Slated for release on August 22, 2014, “If I Stay” is a presentation of New Line Cinema and Metro-Goldwyn-Mayer Pictures and will be distributed by Warner Bros. Pictures, a Warner Bros. Entertainment company, and Metro-Goldwyn-Mayer Pictures. Via ifistaymovie.com
Isn't it amazing how life is one thing and then, in an instant it becomes something else. Like here I am, Mia, the girl who thinks about the cello and Adam, and whether I get a stupid letter or not, and just like that... 

Film dibuka dengan Mia yang membaca surat kabar dengan berita tur bandnya Adam, Willamete Stone dan narasi tentang Beethoven dan keinginan Mia untuk mengejar mimpinya menjadi pemain Cello profesional. Pada saat keluarga Mia berkumpul untuk sarapan, pengumuman di radio mengatakan bahwa sekolah ditutup karena salju. Ayah dan ibunya memutuskan untuk mengunjungi sahabat mereka sekalian mampir di rumah nenek dan kakeknya. Awalnya Mia tidak ingin bepergian bersama keluarganya karena Mia menantikan surat dari Julliard, tapi berkat rayuan ibu dan ayahnya (dengan menijinkan Mia untuk menyetel musik kesukaannya--musik klasik) Miapun bersedia ikut.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...