Senin, 18 September 2017

Love O2O by Gu Man



Postingan ini (mungkin) mengandung spoiler!!!!

Sebenarnya aku bingung harus mereview buku ini gimana, mungkin juga karena berekspektasi terlalu tinggi dan seketika aku merasa hampa setelah menyelesaikan buku ini. Buku dan dramanya sangat mirip, bahkan menurutku drama lebih menjelaskan isi buku walau ada beberapa tokoh dan setting tambahan. Jika tidak mengingat abang Yang Yang, mungkin buku ini akan berakhir di rak DNF.

Awalnya agak aneh saat aku membaca buku ini, entah karena terjemahannya yang agak flat di awal-awal cerita (IMHO ya ini) aku ngerasa kayak kurang ngalir dan agak kaku, mulai dari bahasa yang digunakan, sebutan yang dipakai saat berbicara dan sebagainya #digeplak, tapi tetep aja aku senyum-senyum gaje ngebayangin Xiao Nai di buku dengan Yang Yang di drama plus sikap sok coolnya itu.

Kisahnya sendiri lebih banyak berkutat dengan game yang dimainkan Bei Wei Wei dan Xiao Nai yang terkadang membuatku bosan (beda dengan drama yang langsung tervisualisasikan). Berawal dari kisah cinta virtual dan bertemu di dunia nyata dengan konflik yang nggak terlalu gimana. Semua dapat diselesaikan dengan baik dan semua orang bahagia. Btw, menurutku karakter Xiao Nai itu too good to be true, manusia tanpa cela sedikitpun.


Beberapa perbedaan kisah di buku dan di drama yang aku temukan adalah :

  • Di buku saingan Wei Wei tidak terlalu diceritakan, di drama saingan Wei Wei memiliki porsi yang cukup besar dan merupakan saudara sepupu mantan suami virtualnya Wei Wei 
  • Di buku tidak ada perekrutan magang dan insiden licik di Perusahaan Magang yang mereka ikuti 
  • Di buku Er Xi tidak terlalu tertarik dengan game dan tidak terlalu mengenal Zhen Shuang 
  • Di buku Wei Wei hanya mengenal Zhen Shuang sebatas rumor buruk yang beredar dan setelah masalah itu mereka tidak pernah berinteraksi lagi 
  • Di buku tidak terlalu dijelaskan bagaimana KO ikut bekerja di perusahaan Xiao Nai 
  • Di buku KO dan Hao Mei agak dipaksakan untuk bersama 
  • Dibuku tidak ada insiden A Shuang melakukan perbuatan terceladan adegan Wei Wei Hujan-hujanan (salah satu scene drama favoritku, suka banget liat ekspresi Yang Yang pas Wei Wei kehujanan) 
  • Ada yang ingin menambahkan? LOL

Oya, di buku ada tiga cerita epilog dan aku lebih menyukai kisah epilog ini daripada kisah utamanya sendiri. Review yang sangat tidak jelas ini disponsori oleh BBI Medan yang mengadakan baca bareng Love O2O, jika tanpa mereka mungkin aku tidak akan menyelesaikan buku ini #peluk. Sila baca review mereka yang lebih niat daripada aku di Absurd Reader, Fiction and Me, Perpetual Romanza dan Si Kutu Buku Oce Mei.



Bonus :

Trailer drama Love O2O 
                                               



3 komentar:

  1. bener bangett. ceritanya lebih banyak di game onlinenya padahal kalau lebi banyak diceritain pertemuan mereka lebih seru, lebi dapet gregetnya

    BalasHapus
  2. banyak sih adegan tambahan menurutku. jadi pas kubaca bukunya ternyata banyak yg ga ada..hiks..

    BalasHapus
  3. aku juga suka mbak adegan Wei Wei hujan-hujanan di Drama... manis banget... haha... bearti selesainya buku ini karen The Power of Posbar dan The Power of Yang Yang donk mbak... haha

    BalasHapus

Review Buku di purplebookish.com merupakan pendapat pribadi yang berdasarkan penilaian subjektif terhadap buku yang saya baca. Begitu pula dengan postingan non review yang juga bersifat opini pribadi.

Purplebookish.com tidak memaksakan pembaca untuk setuju dengan semua tulisan yang dipublish. Jika ada yang ingin disampaikan atau berpendapat lain sila menulis di kolom komentar dengan bahasa yang sopan :)

P.s Saya akan menghapus komentar yang tidak berkaitan dengan postingan blog dan spam.

Mohon untuk tidak menyadur/mengcopy sebagian atau seluruh isi blog tanpa ijin :)

Terima Kasih :)


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...